Senin, 03 Juli 2017

Macam-macam Pantangan Penyakit Kista Coklat

gambar penyakit kista coklat
kista coklat
Pantangan penyakit kista coklat - Karena pemindaian ultrasound sekarang telah menjadi bagian rutin dari evaluasi wanita tidak subur, banyak wanita yang tidak subur ditemukan memiliki kista cokelat pada ovarium (dikenal juga dengan istilah kista endometrioma, endometrioid, atau kista endometrium).

Begitu mereka melihat laporan ini, dokter akan memberi tahu mereka bahwa dia sekarang mendiagnosis alasan ketidaksuburan dan kemudian akan menyarankan operasi untuk menghapus kista itu! Dan kebanyakan wanita akan setuju, karena mereka tidak tahu hal itu baik atau tidak.


Fakta bahwa dokter mereka juga menasihati pembedahan memperkuat kepercayaan mereka. Lapisan gula pada kue adalah bahwa ini adalah "operasi minimal invasif". Perut tidak perlu dibuka; Tidak ada bekas luka atau jahitan; Dan mereka pulang ke rumah pada hari yang sama! Inilah sebabnya mengapa banyak wanita dengan senang hati mendaftar di garis putus-putus untuk operasi ini, tanpa menyadari bahwa penalaran ini benar-benar cacat!


Beberapa wanita (baik subur maupun tidak subur) memiliki endometriosis. Pada penyakit ini, lapisan dalam rahim (disebut endometrium) tumbuh di berbagai lokasi abnormal di dalam panggul. Salah satu situs yang paling umum jaringan endometrium yang menyimpang ini dapat ditemukan di indung telur. Dengan setiap periode menstruasi, jaringan ini tumbuh, membesar, berdarah, dan meluncur turun. Ini membentuk kista; Dan karena isi kista ini berwarna hitam, awet dan tebal, warnanya menyerupai dark chocolate, maka itulah alasan nama dari kista coklat.


Dokter waspada sering menduga diagnosis pada wanita yang tidak subur dengan periode yang semakin menyakitkan, seringkali wanita dengan kista coklat mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Ini berarti diagnosis ini dilakukan selama pemeriksaan infertilitas biasa; Atau bahkan selama pemeriksaan pelvis rutin. Sementara beberapa kista cukup besar untuk dirasakan pada pemeriksaan pelvis, masih banyak yang kecil dan tidak dapat dideteksi pada pemeriksaan klinis.


Pemindaian ultrasound adalah cara terbaik untuk mendiagnosis kista coklat dan dapat mengambil kista yang sangat kecil. Pada pemindaian, kista coklat adalah massa kompleks (yang memiliki komponen padat dan kistik); Dan sering tender. Mereka memiliki tampilan kaca tanah yang khas karena mengandung darah tua. Mereka dapat bervariasi dalam ukuran dari beberapa mm sampai lebih dari 10 cm; Dan bisa bilateral. Namun, tidak mungkin membuat diagnosis definitif endometriosis pada pemindaian ultrasound, karena banyak kondisi lain juga dapat menghasilkan kista di ovarium. Diagnosis dapat dikonfirmasi baik dengan aspirating kista di bawah bimbingan ultrasound (dan menemukan darah tua gelap khas yang merupakan diagnostik endometriosis); Atau dengan melakukan laparoskopi.


Pantangan Penyakit Kista Coklat

  • Teh dan kopi kental,
  • Sayur kubis,
  • Minuman beralkohol,
  • Segala jenis ikan
  • Kepiting,
  • Makanan pedas,
  • Nangka,
  • Udang,
  • Makanan berlemak.
  • Makanan yang memicu alergi
  • Makanan mengandung bahan pengawet, MSG dan pewarna makanan
  • Makanan yang menggunakan minyak jelanta
  • Stress
  • Menghirup asap rokok
  • Mengkonsumsi obat-obatan bebas
  • Membiarkan kondisi dalam keadaan buruk

Ada 3 faktor kunci yang perlu dievaluasi oleh dokter saat membuat keputusan tentang bagaimana memperlakukan kista cokelat pada wanita yang tidak subur.

  1. Jenis gejala yang muncul
  2. Ukuran kista
  3. Tingkat AMH, untuk memeriksa cadangan ovarium

Jadi, ketika kista coklat kecil diambil saat melakukan pemindaian ultrasonografi vagina rutin pada wanita tanpa gejala asimptomatik muda, tindakan terbaik mungkin sangat tidak aktif. Ini karena ini adalah temuan insidentil yang paling banyak didokumentasikan dan ditinggalkan sendiri. Banyak wanita muda yang subur juga memiliki kista endometriotik yang mereka jalani dengan bahagia sepanjang hidup mereka (dan karena mereka cukup masuk akal untuk tidak pergi ke dokter, mereka bahkan seringkali tidak tahu bahwa mereka memiliki kista cokelat!). Sayangnya, banyak dokter cenderung Untuk menjadi pemicu bahagia, dan ketika mereka menemukan kista pada pemeriksaan ultrasound pelvis, mereka secara refleks melakukan operasi laparoskopi, keduanya untuk memastikan diagnosis; Dan untuk mengobati kista! Bahayanya adalah operasi yang tidak perlu ini benar-benar dapat mengurangi kesuburan Anda, karena jaringan ovarium normal juga dihilangkan bersamaan dengan dinding kista, sehingga mengurangi cadangan ovarium Anda.


Kista kecil (berukuran kurang dari 3 cm) dapat dengan senang hati ditinggalkan sendiri. Jika mereka lebih besar, mereka dapat dipantau dengan pemindaian serial, sebelum membuat keputusan mengenai perlakuan pasti.


Mengenai pilihan pengobatan, pilihannya meliputi terapi medis atau pembedahan. Terapi medis terdiri dari obat-obatan seperti danazol atau analog GnRH untuk menekan endometriosis; Dan sementara ini sangat efektif dalam memberikan kelegaan gejala sementara, sangat tidak efektif dalam mengobati kista, yang cenderung tetap terlepas dari perawatannya.


Solusi pasti adalah bedah; Dan ini biasanya terdiri dari operasi laparoskopi. Sangat sedikit dokter yang sekarang akan melakukan operasi pembedahan (laparotomi) untuk mengobati kista, tidak peduli seberapa besar itu.


Ada banyak kontroversi mengenai pengelolaan kista coklat yang optimal pada wanita yang tidak subur, oleh karena itu penting bagi Anda untuk pergi ke ahli. Dulu, dokter akan mencoba cukai (benar-benar menghapus) seluruh kista, untuk mengurangi risiko berulang. Namun, karena ini berarti bahwa mereka juga perlu mengorbankan jaringan ovarium normal selama proses ini, mereka seringkali akhirnya mendorong pasien infertil dari penggorengan ke dalam api dengan mengurangi cadangan ovarium mereka dan memperburuk ketidaksuburan mereka! Inilah sebabnya kebanyakan dokter sekarang lebih memilih untuk jauh lebih konservatif pada wanita subur dengan kista coklat.


Biasanya hanya akan membuat lubang di dinding kista (marsupialisation) untuk mengalirkan isinya. Hal ini sering memberikan bantuan sementara yang dramatis. Selama operasi laparoskopi, dokter juga memiliki kesempatan untuk menghilangkan adhesi (jaringan parut) dan implan endometrium lainnya yang sering ditemukan pada wanita dengan kista coklat dan perawatan ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan mereka selama beberapa bulan. Kemungkinan mencapai kehamilan maksimal dalam beberapa bulan setelah operasi. Namun, jika pasien gagal hamil dalam waktu satu tahun setelah operasi, kemungkinan sukses dengan operasi berulang cukup buruk; Dan lebih baik mempertimbangkan reproduksi dibantu.


Bugbear utama dengan kista coklat adalah mereka cenderung kambuh kembali. Inilah sebabnya mengapa dokter sering akan menggabungkan penekanan medis dengan perawatan bedah. Namun, semua ini adalah langkah-langkah temporizing, yang membantu untuk membeli waktu pasien - kita benar-benar tidak memiliki cara untuk menyembuhkan penyakit misterius ini!


Jika kista coklat kambuh, pasien bisa dimengerti kesal, dan merasa dokternya tidak kompeten dan tidak melakukan pekerjaan dengan baik dengan operasi. Hal ini tidak selalu benar, karena endometriosis bisa menjadi penyakit yang cukup agresif pada beberapa wanita, dan bisa kambuh bahkan jika ahli bedah sangat terampil. Penting untuk meminta dokumentasi DVD tentang semua intervensi bedah, sehingga video dapat diperiksa nanti, jika diperlukan.


Jika kista kambuh, pasien akan sering pergi ke dokter bedah lain (yang mereka rasa lebih ahli) untuk mencoba memperbaiki masalahnya. Pelvis di beberapa pasien ini mulai menyerupai medan pertempuran, karena seringkali mereka banyak menjalani laparoskopi yang dilakukan oleh banyak ahli bedah yang berbeda, masing-masing mengklaim sebagai yang terbaik! Operasi bisa sangat menantang pada pasien ini. Jaringan parut, adhesi dan operasi sebelumnya cenderung mendistorsi anatomi dan panggul terkadang benar-benar membeku. Komplikasi operasi pada kasus ini (misalnya, secara tidak sengaja membuka kandung kemih atau rektum) tidak jarang terjadi.


Tingkat AMH merupakan faktor yang sangat penting dimana banyak dokter cenderung mengabaikan dalam merawat wanita yang tidak subur dengan endometriosis. Bahaya utama dengan endometriosis adalah bahwa kista coklat menggantikan jaringan ovarium normal, akibatnya banyak dari pasien ini memiliki jaringan ovarium normal yang tidak normal dan cadangan ovarium yang buruk sebagai akibat penyakit mereka. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menilai cadangan ovarium Anda dengan memeriksa kadar AMH Anda dan jumlah folikel antral Anda sebelum melakukan sesuatu lebih jauh! Jika tingkat AMH Anda rendah, sebaiknya menghindari operasi dan beralih ke IVF untuk memaksimalkan kesempatan Anda melahirkan bayi dengan cepat (sebelum penyakit menjadi lebih buruk dan makan lebih banyak dari cadangan berharga Anda).


Bagi wanita muda dengan cadangan ovarium normal, tuba fallopi terbuka (seperti yang terbukti pada HSG) dan kista coklat kecil yang tidak memiliki gejala, ada baiknya mencoba IUI sebelum melakukan sesuatu yang lebih agresif. Namun, jika pasien simtomatik dan endometriosis menyebabkan rasa sakit, maka ini menjadi masalah yang lebih rumit! Anda perlu menetapkan prioritas Anda - apakah pengendalian rasa sakit lebih penting? Atau apakah memiliki bayi lebih penting? Ini sering merupakan keputusan yang sulit dibuat, tapi Anda perlu memutuskannya. Sebaiknya buat daftar semua pilihan Anda sehingga Anda bisa memikirkannya secara logis.


Obat Alami Untuk Penyakit Kista Coklat



Khasiat QnC Jelly Gamat
  • menstabilkan hormon dalam tubuh
  • meredakan rasa sakit
  • memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh
  • mengecilkan ukuran kista hingga benar-benar pecah
  • menormalkan kembali siklus menstruasi
  • meningkatkan daya tahan tubuh
Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri !!

Detail Produk QnC Jelly Gamat

Price Rp 155.000/botol
POM TR 173301471
DEPKES RI : P-IRT No.109321601291-1229
Aturan minum : 2x2 sendok makan perhari
Komposisi : teripang emas, essen natural, stevia, air Ro, pengemulsi nabati, buah&sayur.
Aman untuk bayi, ibu hamil dan menyusui

Dapatkan diskon untuk pembelian lebih banyak !!

PESAN 1 sampai 3 botol tidak ada diskon Harga Perbotolnya tetap 155rb
PESAN 4-8 botol ada diskon @Rp. 5000, harga per botolnya jadi 150rb
PESAN 9 botol ada diskon @Rp.7000, harga per botolnya jadi 148rb
PESAN 10 botol keatas ada diskon @Rp.10.000 , harga per botolnya jadi 145rb



Artikel Pantangan Penyakit Kista Coklat 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar